Sosok Megawati Dinilai Bisa Satukan Faksi di PDIP

Selasa, 24 Maret 2015 - 15:47 WIB
Sosok Megawati Dinilai Bisa Satukan Faksi di PDIP
Sosok Megawati Dinilai Bisa Satukan Faksi di PDIP
A A A
JAKARTA - Pengamat politik Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Siti Zuhro menilai, kepemimpinan Megawati Soekarnoputri di Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) masih dibutuhkan untuk menjaga partai dari dinamika politik.

Megawati disebut kokoh sebagai tokoh pemersatu di internal partai berlambang banteng moncong putih, ketimbang tokoh lain termasuk Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Sosoknya relatif bisa menyatukan faksi yang ada di internal partai," ujar Siti saat dihubungi Sindonews, di Jakarta, Selasa (24/3/2015).

Tak heran, lanjut Wiwiq sapaan akrab Siti Zuhro, banyak kader dan elite PDIP masih mendukung dan menjagokan Megawati bakal dipilih kembali menjadi ketua umum pada Kongres PDIP mendatang.

Kendati begitu, dia tak menampik ada suara-suara yang menginginkan agar Megawati mau menyerahkan posisi ketua umum kepada kader di bawahnya, termasuk peluang Jokowi menggeser putri Proklamator RI ini.

Namun, hal itu dianggap wajar karena setiap suksesi kepemimpinan di internal partai selalu muncul wacana tersebut.

"Suara pro dan kontra mulai dikumandangkan menjelang Kongres PDIP. Inilah momentum yang tepat bagi Megawati untuk merespons tuntutan kader," pungkasnya.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7190 seconds (0.1#10.140)